Macam – macam Ventilasi Yang Tepat Pada Rumah Tropis

Macam – macam Ventilasi Yang Tepat Pada Rumah Tropis

Berita Terbaru – Ventilasi adalah suatu penyedia proses pertukaran udara segar dan udara kotor dari ruang tertutup alami atau mekanis. Dengan ketersediaan udara segar pada sebuah rumah atau ruang yang dibutuhkan oleh penghuninya, sehingga jika ruangan tidak memiliki sistem ventilasi yang cukup baik dan juga lebih ramai akan dapat merugikan kesehatan para penghuninya. Selain berfungsi sebagai penyedia proses pertukaran udara tersebut, ventilasi atau jendela atau bahkan pintu juga berfungsi sebagai jalan masuknya suatu cahaya matahari ke dalam rumah.

ventilasi yang tepat pada rumah tropis

Agar pada suatu ruangan rumah Anda menjadi segar, maka ada ketentuan atau persyaratan sebagai berikut :

  • Lubang ventilasi tetap / permanen minimum 5 % dari luas lantai ruangan, kemudian luas lubang ventilasi insidentil atau terbuka dan tertutupnya minimal 5 % juga dari luas lantainya, lubang ventilasi dengan tinggi minimal 80 cm dari langit-langit. Tinggi jendela yang dapat dibuka dan ditutup sebaiknya 80 cm dari lantai, kemudian jarak dari langit-langit ke jendela minimal 30 cm. Namun juga harus Anda jamin bahwa udara yang masuk adalah udara bersih, tidak tercemar oleh asap-asap pembakaran sampah, debu, kendaraan knalpot, dan lain-lain. Ventilasi silang pada aliran udara berusaha untuk menempatkan lubang udara antara dua dinding yang menghadap ruangan. Aliran udara tidak terhalang oleh barang-barang seperti lemari, atau hambatan-hambatan yang lainnya. Kelembaban udara dipertahankan antara 40 % hingga 70 % . Prinsip utama adalah untuk berpindah dari ventilasi udara kotor di rumah, kemidian menggantinya atau bertukar dengan udara bersih. Sistem fasilitas sebuah ventilasi menjadi hal penting dalam upaya untuk menyelamatkan udara di lingkungan rumah Anda. Fungsi lainnya adalah untuk mengurangi konsentrasi pada debu dan gas yang dapat menyebabkan sang penghuninya keracunan, kebakaran hingga ledakan.
  • Secara umum, Anda dapat mengenali beberapa bentuk dari ventilasi :
    Ventilasi alami atau dengan kata lain yaitu Natural Ventilation ini adalah bentuk pertukaran udara secara alami tanpa adanya bantuan alat-alat mekanis, seperti kipas dan lainya. Ventilasi alami ini masih dapat dilakukan untuk membersihkan ventilasi udara yang terbuka selama waktu perubahan di udara segar dan tercampur dengan udara kotor di dalam sebuah ruangan.
  • Ventilasi alami yang luas Standard, ukuranya lebih dari 20 % dari luas lantai tempat ruangannya. Penggunaan ventilasi alami tidak efektif apabila digunakan dengan tujuan mengurangi emisi gas, debu dan uap pada rumah kaca. Hal ini disebabkan karena tingkat kesulitan yang tinggi juga berhubungan dengan ventilasi alami tentang kecepatan angin, kemudian tekanan angin dari luar, radiasi panas, arah angin, dan juga seberapa besar pengaruh lubang yang ada pada dinding dan atap, ventilasi alami ini biasanya digunakan dengan bertujuan untuk memberikan kesegaran dan kenyamanan di tempat-tempat yang sedikit atau bahkan tidak memiliki bahaya yang tinggi.
  • Ventilasi Umum biasanya digunakan di tempat yang emisi gas dan panas derajatnya tidak begitu tinggi. Kemudian jenis ventilasi biasanya dilengkapi dengan perangkat mekanis misalnya kipas vakum. Sistem kerja dibangun di luar udara di rumah dan di blow oleh kipas pengisap ke preferensi dan dicampur dengan polutan yang dihasilkan pengenceran. Kemudian udara kotor yang terhirup dan juga diencerkan dalam limbah.
  • Ventilasi pengeluaran lokal atau di sebut dengan Local Exhaust Ventilation : Jenis ventilasi yang digunakan oleh pertimbangan teknis, bahwa polutan gas, kemudian debu dan juga uap yang ada di dalam rumah terdapat konsentrasi tinggi yang tidak dapat dihapus atau diencerkan hanya dengan menggunakan ventilasi umum, terutama ventilasi alami, tetapi harus dengan ventilasi pengeluaran lokal yang ditempatkan tepat di sumber polutan. Polutan dari proses yang akan bekerja langsung pada hisap dengan ventilasi.

Itulah sedikit paparan yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai ventilasi yang tepat untuk rumah tropis, semoga Anda dapat memanfaatkan dengan tepat dalam memprediksi atau perancangan peletakan ventilasi pada rumah tropis Anda. Demikian dari kami semoga sukses dalam pendesainan rumah tropis Anda, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *